Tawaran Kerjasama

Proyek lain yang sedang dibidik adalah lahan di dekat Puri Depok Mas, bentuknya seperti huruf P, jalan masuk pribadi dengan lebar 4m sepanjang 15m ke dalam. Luas lahannya sendiri 1400m, dengan dimensi lebar 35m dan panjang 40m. Dengan lebar jalan masuk tetap 4m dan lebar jalan row 5m (ada 2 row), dan panjang kavling masing-masing 10m (ada 3 row), jadi pas 40m. Situasinya seperti gambar berikut ini :

Panmas

Dari gambar remang-remang di atas dapat dihitung ada berapa kavling yang bisa dibuat. Hitungan saya akan ada 12 kavling, masing-masing 3 kavling berukuran 90m2, 7 kavling berukuran 80m2 dan 2 kavling berukuran 70m2. Luas total lahan efektifnya 970 m2 sehingga efektivitas lahan, proporsi lahan yang bisa dijual terhadap luas total adalah 69 persen; gak terlalu bagus, tapi gak jelek juga. Harga lahan yang ditawarkan Rp. 1,3jt/m2 dan katanya masih nego. Saya cenderung gak mau nawar terlalu rendah. Sudahlah, kalo saja dikasihkan seharga 1.25jt/m2 OK juga, sehingga total dana yang dibutuhkan sebesar 1.75m atau harga lahan efektifnya Rp. 1.810.000/m2. Jadi untuk kavling berukuran 70m, hitungan dasarnya Rp. 126,7jt dan untuk kavling dengan luas 80m2 harga dasarnya Rp. 144,8jt serta kavling berukuran 90m harga dasarnya Rp. 162,9jt. Tawaran kepada pemodal, bisa per kavling, dimana sertifikat tiap kavling akan jadi bukti kepemilikan modal, untuk tahun pertama dengan roi 20%, harga per meternya adalah Rp. 2.175.000/m2, sehingga yang pegang sertifikat kavling 70m akan menerima Rp. Rp. 152.040.00,- dan pemegang sertifikat kavling 80m akan menerima Rp. 174 jt dan kavling 90m2 akan menerima Rp. 195.750.000. Jika dalam setahun masih ada unit rumah yang belum terjual, maka untuk yang belum terjual tadi pada tahun kedua roi-nya ditambah 10 persen, jadi 30 persen. Harga rumah juga akan dinaikkan, tidak linier sih, tapi akan ada kenaikan karena harga tanahnya naik. Harga investor di tahun kedua adalah Rp. 2.350.000/m2, sehingga pemegang sertifikat kavling 70m akan menerima Rp. 164,5 jt, kav 80m Rp. 188jt dan kav 90m Rp. 211,5jt.

Cukup menarik bukan ? Kalo uang tadi disimpan di deposito hasilnya cuma sekitar 6 persen per tahun. Mungkin ada yang lebih tinggi, tapi jauh di bawah hasil investasi ini. saya sudah janjian untuk survei lahan hari Minggu, 23 Februari 2014. Mudah-mudahan hasilnya sesuai harapan.

Ada punya dana ? kenapa tidak diinvestasikan saja ? bisa per kavling kok. Tertarik, hubungi saya di mmuchdie@gmail.com atau tinggalkan pesan di sini..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: